Tubaba– Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung, mengadakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) melalui aplikasi arsip.tubaba.go.id.
Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Tubaba Bayana, sekaligus fasilitasi pembangunan atau pengelolaan website Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Ruang Rapat Bupati setempat, Selasa (12/11/2024).
“Sebagai bagian dari upaya kita untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih transparan, efektif, dan efisien, pemanfaatan teknologi informasi menjadi hal yang sangat penting. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik yang lebih cepat dan akurat semakin meningkat,” ujar Bayana.
Untuk itu, menurut Bayana, salah satu langkah strategis yang diambil adalah dengan memperkenalkan dan mengoptimalkan penggunaan TTE dan aplikasi arsip digital sebagai solusi dalam administrasi pemerintahan Kabupaten Tubaba.
“Melalui aplikasi arsip.tubaba.go.id, dapat mempermudah pengelolaan arsip secara elektronik, yang akan sangat mengurangi penggunaan kertas, menghemat waktu, serta meningkatkan akurasi dan keamanan dalam setiap transaksi administrasi di pemerintahan. Implementasi TTE pada dokumen-dokumen penting juga akan menjamin legalitas dan keabsahan dokumen tersebut, sehingga memudahkan proses verifikasi dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.
Bayana juga menekankan pentingnya pembangunan website OPD yang informatif dan menarik. Website juga sebagai salah satu sarana transparansi dan media komunikasi publik yang sangat penting untuk memperkenalkan program, kegiatan, serta capaian-capaian yang telah dilaksanakan oleh masing-masing OPD.
Sementara itu, Kepala Bidang Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Elektronik Diskominfo Provinsi Lampung, Arief Nugroho, yang juga turut hadir pada kegiatan itu menjelaskan kolaborasi SPBE dan SDI dapat menjadi kunci terlaksananya pengembangan pemerintahan berbasis teknologi.
“Tujuan penyelenggaraan SPBE ini agar lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan publik maupun administrasi pemerintahan. Sementara SDI sendiri dapat mendukung penyusunan kebijakan pemerintah dan perencanaan pembangunan nasional,” terangnya.
Ditempat yang sama, Kepala Diskominfo Tubaba Eri Budi Santoso, mengungkapkan bahwa aplikasi arsip.tubaba.go.id adalah sebuah sistem untuk mengelola arsip secara elektronik yang dapat memudahkan pengelolaan dokumen yang telah di TTE.
“Aplikasi arsip.tubaba.go.id ini berfungsi sebagai sistem pengarsipan digital yang mempermudah proses penyimpanan dan pengelolaan dokumen yang telah ditandatangani secara elektronik. Kami berharap melalui kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kemajuan teknologi di Tubaba,” pungkasnya. (Rian)